Kenali Minitab Lebih Jauh

19/10/2011 07:39

Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.

Minitab pertama kali dirancang pada tahun 1972 di Penn State University dan pada awalnya didasarkan pada program yang disebut Omnitab. Omnitab, merupakan lembar kerja tingkat tinggi (high-level spreadsheet) yang digunakan untuk analisis statistik, yang dikembangkan oleh Statistical Engineering Division di National Institute for Standards and Technology. Omnitab menggunakan algoritma dasar sederhana dan dibuat untuk menangkap perintah-perintah sederhana pula.

Pada tahun 1980-an pengembangah Omnitab direhatkan sejenak dan dibuat versi komersilnya dengan nama Minitab, dan semua pengembangan Omnitab berhenti pada tahun 1986. Program Minitab dioptimalkan untuk sistem operasi Windows 1.0 dan menggunakan grafis antarmuka (GUI) baru yang dirancang untuk membuatnya lebih user friendly. Di versi awalnya, masih menggunakan kemampuan untuk melakukan penghitungan statistik yang terbatas, tapi seiring dengan pengembangannya, kemampuan-kemampuan analisis statistik-pun mulai ditambahkan.

Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pennsylvania, dengan kantor cabang di Coventry, Inggris (Minitab Ltd.) Paris, Perancis (Minitab SARL) dan Sydney, Australia (Minitab Pty.). Kini, Minitab seringkali digunakan dalam implementasi Six Sigma, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya. Minitab 16, versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol.

Minitab Inc juga mengeluarkan dua produk lain untuk melengkapi Minitab 16. Quality Trainer; paket eLearning yang mengajarkan mengenai alat-alat statistik dan konsep dalam konteks peningkatan mutu yang terintegrasi dengan Minitab 16 yang bisa digunakan secara bersamaan untuk mengembangkan pengetahuan statistik bagi penggunanya dan kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak Minitab, dan Companion Quality 3, alat yang terintegrasi untuk mengelola Six Sigma dan proyek-proyek Lean Manufacturing yang memungkinkan data-data Minitab untuk dikombinasikan dengan alat manajemen proyek lainnya.